ANALISIS ASPEK PASAR (PISANG NUGGET)


NAMA KELOMPOK :
1.        LILI ERVIANI                          (161310050)
2.        DEWI DARMAYANTI             (161310088)

MATA KULIAH      : STUDI KELAYAKAN BISNIS (SKB)
KELAS                      : 02 (MALAM)
SEMESTER              : VII (GANJIL)

 
ANALISIS ASPEK PASAR

GAMBARAN UMUM PASAR
1.      Jenis Produk (barang atau jasa) yang akan dipasarkan (akan dikembangkan)
Barang yang akan kami pasarkan disini adalah pisang nugget
2.      Wilayah Pemasaran
Wilayah pemasaran nya mencakup kabupaten,kota, provinsi.karena usaha atau bisnis yang kami jalani ini dapat membuka cabang dibeberapa tempat.

A.    PERMINTAAN
1.      Jumlah permintaan terhadap produk :
a.       Sasaran pembeli (konsumen)
Yang menjadi sasaran usaha atau bisnis ini adalah semua kalangan umur yang menyukai atau ingin mengetahui pisang nugget sebagai pendamping cemilannya. Dimana tempat usaha kami akan berlokasi di area yang berdekatan dengan target pasar yang memiliki tingkat konsumtif yang tinggi.
b.      Jumlah konsumen
Untuk perkiraan jumlah konsumen yang akan kami dapatkan di perkirakan minimal 1 hari penjualan kami bisa mendapatkan 10-20 orang pembeli.
c.       Jumlah kebutuhan per konsumen
Kebutuhan per konsumen dalam pembelian pisang nugget bisa mencapai 1 atau 2 unit yang dapat dibelinya.
d.      Total kebutuhan per tahun
Dapat dihitung dari jumlah konsumen perhari hingga jumlah kebutuhan per konsumen diperkirakan, apabila usaha atau bisnis ini berjalan dan dibuka kurang lebih 203 hari setiap tahunnya. Dapat kami rumuskan seperti berikut :
= (JUMLAH KEBUTUHAN PER KONSUMEN x JUMLAH KONSUMEN) x 203
= (20 x 2) x 203
= 8.120
Dapat disimpulkan bahwa total kebutuhan pertahun didapat 8.120 unit.
2.      Proyeksi permintaan selama 5 tahun mendatang :

Tahun
Proyeksi permintaan (dlm unit)
2016
4.060
2017
6.750
2018
8.460
2019
10.290
2020
12.000
            Keterangan :
·                    Kami mengasumsikan bahwa pada tahun 2016 (dimulai dari bulan januari) terdapat penjualan sebanyak 20 unit perhari dan dikalikan dengan 203 hari kerja.
·                    Kami mengasumsikan bahwa pada tahun 2017 terdapat penjualan sebanyak 25 unit perhari dan dikalikan dengan 270 hari kerja.
·                    Kami mengasumsikan bahwa pada tahun 2018 terdapat penjualan sebanyak 30 unit perhari dan dikalikan dengan 282 hari kerja.
·                    Kami mengasumsikan bahwa pada tahun 2019 terdapat penjualan sebanyak 35 unit perhari dan dikalikan dengan 294 hari kerja.
·                    Kami mengasumsikan bahwa pada tahun 2020 terdapat penjualan sebanyak 40 unit perhari dan dikalikan dengan 300 hari kerja.
·                    Pada tahun 2020, dimana peningkatan permintaan sebesar 99,5 % dibandingkan pada tahun 2016.




B.     PENAWARAN
1.      Jumlah produk sejenis dipasarkan :
No
Nama Perusahaan Pesaing
Kapasitas Produksi per tahun (dlm unit)
1.
Lokal


a.         Sang pisang Pontianak
≤ 4.060

b.         Pisang Comel Pontianak
≤ 4.060
Keterangan :
·                    Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan terhadap produk, Sang Pisang dan Pisang Comel Pontianak memiliki kapasitas produksi per tahun berkisar 20 unit perhari dikalikan 203 hari.

2.      Proyeksi penawaran selama 5 tahun mendatang :
Tahun
Proyeksi permintaan (dlm unit)
2016
4.466
2017
7.290
2018
9.024
2019
10.878
2020
12.600
Keterangan :
·                    Untuk tahun 2016, kami memprediksi untuk menyediakan persediaan sebanyak 22 unit perhari dan dikalikan dengan 203 hari kerja.
·                    Untuk tahun 2017, kami memprediksi untuk menyediakan persediaan sebanyak 27 unit perhari dan dikalikan dengan 270 hari kerja.
·                    Untuk tahun 2018, kami memprediksi untuk menyediakan persediaan sebanyak 32 unit perhari dan dikalikan dengan 282 hari kerja.
·                    Untuk tahun 2019, kami memprediksi untuk menyediakan persediaan sebanyak 37 unit perhari dan dikalikan dengan 294 hari kerja.
·                    Untuk tahun 2020, kami memprediksi untuk menyediakan persediaan sebanyak 42 unit perhari dan dikalikan dengan 300 hari kerja.

C.     RENCANA PENJUALAN DAN PANGSA PASAR

Tahun
Permintaan
(A)
Penawaran
(B)
Peluang pasar
(C = B-A)
Rencana penjualan
(D)
Pangsa pasar
(E=Dx100%/C)
2016
4.060
4.466
406
4.460
109 %
2017
6.750
7.290
540
7.250
135 %
2018
8.460
9.024
564
9.000
160 %
2019
10.290
10.878
588
10.850
185 %
2020
12.000
12.600
600
12.500
209 %
Catatan : *) harga sesuai dengan kebijakan dan strategi harga

RENCANA PENJUALAN DAN HARGA PERUSAHAAN

Tahun
Proyeksi permintaan (dlm unit)
Kebijakan harga (dalam Rp per satuan)
Proyeksi penjualan (revenue/sales)
2016
4.460
Rp. 10.000
Rp. 44.600.000
2017
7.250
Rp. 10.000
Rp. 72.500.000
2018
9.000
Rp. 10.000
Rp. 90.000.000
2019
10.850
Rp. 10.000
Rp. 108.500.000
2020
12.500
Rp. 10.000
Rp. 125.000.000

RENCANA PROMOSI PERUSAHAAN :
Tahun
Kebijakan media promosi dan biaya promosi
Periklanan
Promosi penjualan
2016
Rp. 1.250.000
Rp. 1.250.000
2017
Rp. 1.000.000
Rp. 1.000.000
2018
Rp. 750.000
Rp. 750.000
2019
Rp. 500.000
Rp. 500.000
2020
Rp. 250.000
Rp. 250.000
Catatan : *) promosi sesuai dengan kebijakan dan strategi perusahaan

D.    PESAING
Uraian strategi pemasaran yang dilakukan pesaing anda, meliputi
1.      Produk (mutu, ukuran, desain, kemasan, dll)
No
Uraian Produk
Sang Pisang Pontianak
Pisang Comel Pontianak
1
Mutu
Terjamin kehalannya
Terjamin kehalannya
2
Ukuran
Ukuran yang standar sesuai dengan pilihan yang tersedia
Ukuran yang standar sesuai dengan pilihan yang tersedia
3
Desain
terdapat pisang nugget dengan 10 potong nugget ditiap kemasannya, dan terdapat berbagai macam topping yang tersedia.
terdapat pisang nugget dengan 10 potong nugget ditiap kemasannya, dan terdapat berbagai macam topping yang tersedia.
4
Kemasan
Pisang nugget yang memiliki banyak varian rasa dan dikemas dalam kotak kemasan dengan design menarik disertai merek dagangnya “SANG PISANG” dan didalamnya tertulis pula #BUKANKUEARTIS

Pisang nugget yang memiliki banyak varian rasa dan dikemas dalam kotak kemasan dengan design semenarik mungkin disertai merk dagangnya “PISANG COMEL”


2.      Harga (harga satuan, syarat pembayaran,potongan harga, dll)
No
Uraian
Sang Pisang Pontianak
Pisang Comel Pontianak
1
Harga satuan (Rp)
Memiliki harga Rp.20.000 per kemasan pisang nugget dan tambahan Rp.5000 apabila ingin menambah topping atau varian rasa lainnya
Semua Varian rasa dijual seharga Rp.10.000
2
Syarat pembayaran
Bisa membayar secara tunai, debit, ataupun kredit dan juga bisa melalui aplikasi pesan antar makanan yaitu GoFood dan GrabFood
Bisa membayar secara tunai, debit, ataupun kredit dan juga bisa melalui aplikasi pesan antar makanan yaitu GoFood dan GrabFood
3
Potongan harga
Potongan harga hanya diberikan pada waktu atau hari tertentu
Potongan harga hanya diberikan pada waktu atau hari tertentu

3.      Distribusi penjualan
No
Uraian
Sang Pisang Pontianak
Pisang Comel Pontianak
1
Distribusi penjualan
Memiliki toko offline di Jl. Gusti Hamzah No. 7 B Pontianak dan melalui aplikasi Ojek online
Memiliki toko offline di Jl. Putri Dara Hitam No. 1C Pontianak dan melalui aplikasi Ojek online

4.      Promosi
No
Uraian
Sang Pisang Pontianak
Pisang Comel Pontianak
1
Promosi
Melalui mulut ke mulut, media cetak, media social, dan lain-lain
Melalui mulut ke mulut, media cetak, media social, dan lain-lain

E.     STARTEGI PEMASARAN ANDA :
1.      Produk (mutu, ukuran, desain, kemasan, dll)
No
Uraian Produk
Pisang nugget
1
Mutu
Produk kami diolah dari bahan berkualitas, pisang dengan kualitas terbaik, yang dibalur dengan tepung racikan sendiri
2
Ukuran
Box kertas ukuran 20cm x 10cm x 4cm
3
Desain
Full colour dilengkapi dengan logo utama bertema pisang, bertuliskan merk dagang. Produk ditata sedemikian rupa dengan topping yang juga full colour.
4
Kemasan
Kotak kemasan dengan design full colour, higienis dan ramah lingkungan

2.      Harga (harga satuan, syarat pembayaran,potongan harga, dll)
No
Uraian
Pisang Nugget
1
Harga satuan (Rp)
Mulai dari Rp 10.000
2
Syarat pembayaran
Pembayaran dilakukan secara tunai
3
Potongan harga
Beli 2 kotak gratis 1 kotak (dalam event tertentu)

3.      Distribusi penjualan
Saluran distribusi yang digunakan adalah distribusi langsung kepada konsumen. Bisa dengan cara konsumen mengunjungi outlet dan bisa juga melalui aplikasi pesan antar makanan seperti GoFood dan GrabFood.

4.      Promosi
Promosi dilakukan secara offline dan online. Dengan semakin maju nya teknologi, promosi efektif dapat dilakukan secara online melalui media social berupa instagram, facebook, twitter, youtube dan masih banyak lagi. Selain itu, promosi di perkuat dengan adanya promosi offline dengan cara menampilkan banner atau stiker pada lokasi penjualan.

1 komentar

  1. maaf kak izin bertanya... rencana penjualan (D) itu didapat darimana ya kak?

    BalasHapus